Kenalan Pondok Pesantren

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakaatuhu… Semoga kita senantiasa dalam naungan ridhoNya, Aamiin J. Kata orang bijak tak kenal maka tak sayang? Maka dari itu, saya akan mengenalkan si Pondok Pesantren kepada sobat semua, eeh sapa tau ada yang nyantol kan lumayan,he..he..

1. Apa Sih Pondok Pesantren itu?
   Pondok menurut KBBI adalah Bangunan untuk tempat sementara (spt yg didirikan di ladang, dihutan, dsb); Sedangkan Pesantren menurut KBBI adalah  /pesantrén/ n asrama tempat santri atau tempat murid-murid belajar mengaji dsb;  Jadi pondok pesantren adalah tempat tinggal sementara sebagai sarana untuk mengaji atau memperdalam  ilmu  agama, yang didalamnya terdapat 3 unsur penting yaitu: Pondok, Kyai, dan Santri. Pondok sebagai tempat untuk mengaji, Kyai lebih sebagai sebutan untuk orang yang memimpin pesantren tersebut, sedangkan sebutan untuk pengajarnya ustadz/ustadzah, Santri adalah orang yang menimba ilmu di dalam pesantren.

2. Kegiatannya Apa Saja?
Kegiatan utama dipesantren jelas belajar ilmu agama, tapi itu wajarnya. Lebih kerrennya lagi tugas utama seorang santri adalah taat kepada Kyai nya, taat kepada aturan, dan yang terakhir baru mengaji. LHO KOK BISA???
Jika mengaji kita letakkan diurutan pertama, kita akan asal asalan, yang penting sudah berangkat mengaji. Fisiknya saja yang hadir, fikirannya terbang entah kemana. Ketika kita sudah taat kepada Abahyai, taat kepada peraturan, pasti kita akan senang hati melaksanakan perintah perintahnya termasuk mengaji.
Terdapat banyak kegiatan selain mengaji, seperti Kesenian meliputi seni hadroh, seni membaca Al Quran dengan indah, seni kaligrafi, seni beladiri. Kesehatan dapat kita pelajari dengan mengikuti Unit Kesehatan Santri, Bercocok tanam, Kewirausahaan seperti Koperasi yang dikelola oleh santri, dan yang paling penting mental kita selalu dilatih untuk menjadi pribadi yang PEKA dalam segala hal, karena kita setiap harinya dipertemukan dengan masalah yang nantinya akan kita jumpai ketika telah terjun dalam masyarakat. Bagaimana mengatasi santri yang bandel, menghadapi senior yang malas, santri yang suka mengambil barang milik oranglain, dan dapat mempelajari berbagai karakter dari latar belakang keluarga yang berbeda.

3. Kalo gitu di pesantren jadi sibuk banget dong? Bisa stress,  trus panik kurang piknik, 

Iiih sapa bilang??? Di pesantren itu selalu ada teman yang bikin asik, walaupun kadang berisik,. Selalu ada saja polah tingkah santri yang bikin tertawa, ga ada jaim jaiman, pas makan, nyuci, kerjabakti, bahkan saat kita mau tidur selalu ada obrolan yang asik. Setiap hari kita diberi nasihat oleh Abahyai yang membuat hati kita tenang, masukan masukan yang dapat mengusir pemikiran-pemikiran negatif kita. Menjadikan pribadi yang selalu berfikir positif, ceria dan semangat setiap harinya. Tentunya ada hari yang dikhususkan bagi santri untuk wisata baik jasmani maupun rohani, yang sebelumnya sudah dimusyawarahkan terlebih dahulu antara pengurus, santri dan Abahyai.

4. Trus pelajaran akademiknya gimana?Kapan kita ngerjain tugas sekolah/tugas kuliah? Kan kegiatannya full ngaji terus, bisa jeblog ntar nilainya…
Eistt..banyak kok santri yang nilainya tinggi disekolah, kenapa? Karena pikiran santri itu selalu diasah, jarang nganggurnya. Apalagi santri yang ngambil tahfidz, setiap hari mereka selalu menghafal ayat-ayat quran, gimana ga keren tuh daya ingatnya? Bisa hafal bunyi ayatnya, tajwidnya, waqofnya, jus sekian, ayat sekian bisa hafal. Santri yang biasa pun terlatih untuk membaca tulisan arab gundul,dan mengartikannya bukan hal yang mudah, harus tau nahwu shorofnya, kalo bahasa inggrisnya tuh harus tau patternnya, menguasai banyak kosakata, bangun disepertiga malam ketika kebanyakan orang asik tidur, mereka bangun, mengambil air wudhu, bercengkrama dengan Yang Maha Kuasa, hati mereka merasa tenang, kemudian belajar sambil menunggu subuh. Ketika fikiran tenang, maka akan mudah untuk menerima suatu ilmu.
Santri biasanya mengerjakan tugas setelah ngaji ba’da isya sekitar pukul 22.00 WIB, Santri berkumpul untuk mengerjakan tugasnya masing-masing, jika ada kesulitan dapat bertanya kepada santri lain dan akan dibahas bersama.

Tinggal di pesantren itu menyenangkan, tak pernah kesepian, tak pernah ada hal yang memberatkan hidup, karena apa yang kita rasakan akan dibagi bersama, senang, susah, saat kita menangis selalu ada pundak teman untuk bersandar, ada teman yang membuat kita melupakan kesedihan, pastinya ada sosok guru yang benar benar membuat hati kita tenang

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Semoga ada gambaran tentang pondok pesantren :D
Salam sayang untuk pondok ku tercinta PP Qomarul Huda Pambrian, dan PP Al Quran Al Amin Pabuwaran


Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar